Internet itu…….

Posted By on October 18, 2010


Suatu hari, saya ngobrol dengan seorang ibu rumah tangga, yang ada di sekitar rumah, bu… di rumah ibu pasang internet apa ndak? Si ibu spontan menjawab, waduh mas, di rumah itu ndak akan pernah saya ijinkan terutama anak-anak saya buka-buka internet, saya Tanya lagi, lho kenapa bu? Wah gawat itu internet mas, nanti anak saya bisa kesenengan buka yang ndak bener, trus itu penculikan banyak dari internet…. Saya langsung jawab lagi, ow gitu ya bu, oh ya maaf bu, HP nya putra ibu apa, dijawab, wah saya belikan anak saya itu lho mas, Blackberry, biar ndak ketinggalan jaman, oh hebat itu bu, dan ndak saya lanjutkan diskusi saya, ntar kalo saya kasih tau BB itu bisa buat internet, bisa diganti HP jadul ntar, kasihan tuh anak.

payday loans 400 interest

Yah…. Itu sebuah contoh kecil yang bisa dibilang cukup menyedihkan dalam masyarakat kita sekarang, dimana Inernet masih sering punya image yang jelek, sehingga pada saat mendengar namanya saja itu sudah menyebabkan antipati, dan itu belum menyentuhnya, bahkan pernah saya di sebuah pondok pesantren, bahwa dilarang keras penggunaan Internet di pondok tersebut.

Padahal jelas kita semua yang sudah akrab dengan Internet ini paham, bahwa semua itu hanya sebagian dampak dan kebetulan negative dari internet yang kemudian beritanya menjadi besar karena diberitakan dimana mana, yang semua itu telah menutupi bahwa sebenarnya banyak hal positif yang bisa kita dapatkan apabila dengan optimal memanfaatkan teknologi yang namanya internet ini.

Sekarang permasalahan mendasar adalah yang sebenarnya jadi tanggungjawab moral kita semua, bagaimaa bisa kembali membuka cakrawala orang terutama di sekitar kita, sehingga bisa memandang internet ini dengan sebenarnya, yang justru akan lebih membawa manfaat bagi kehidupan kita semua. Banyak kampanye sudah dilakukan, mulai dari yang terorganisir seperti teman-teman Internetsehat.org sampai dengan para tokoh independent yang berkampanye kemana mana untuk memberikan pembelajaran bagi masyarakat tentang internet tersebut.

Masyarakat luas harus sudah mulai memahami dengan benar internet itu seperti apa, sehingga dapat dimanfaatkan dengan benar, tinggal sekarang menggali metode yang tepat guna melakukan edukasi tersebut pada masyarakat, karena fakta di lapangan, sudah banyak seminar, workshop bahkan lomba yang dilakukan dalam rangka memasyarakatkan internet yang viagra for women online sehat ini, tapi kenyataan bahwa ini masih kurang optimal, disamping karena memang keterbatasan sumberdaya, juga karena kurang bisa membekas dalam diri masyarakat kita sehingga beginilah kenyatannya. Nah jika sudah seperti itu, maka bagaimana, metode yang sekiranya pas bagi masyarakat ini seperti apa ya :)

About The Author

Comments

10 Responses to “Internet itu…….”

  1. nahdhi says:

    Saya kira tugas komunitas-komunitas online semakin berat dengan program internet masuk desa. Kalau menjadikan desa melek internet itu masalah biaya, tapi apa dengan begitu masalah moral juga ieredukasi? Susah dan bahaya lho malahan kalau ‘melek ning ra sadar’…

  2. efahmi says:

    wah dakwah internet ke semua kalangan itu repot bah. nggak semua orang bisa punya sudut pandang yg sama. soal internet, nggak usah kuatir, si anak pasti sudah kenal itu dari sekolahannya. dan pastinya pihak sekolah juga ngajari hal hal baik dari internet.. :)

  3. budiono says:

    ibu yang aneh.. internet ndak oleh, lha kok diwenehi bebeh..

  4. Mas Mot says:

    Segala hal pasti ada manfaat dan mudharatnya, tergantung mana yg berat timbangannya. Saya kira kalau anak2 biasa didik dalam lingkungan yg baik, ketika dikenalkan dengan dunia internet bisa memilah sendiri manfaatnya. Meskipun tak bisa dijamin dia akan melihat yg nggak2 juga. Manusia gitu lho……….

    Salam kenal.

  5. ya kudu sabar sih kalo kasih tau sama orang tua kita tunjukan dulu bahwa kita punya hasil positif melalui internet

  6. ayoga says:

    kalau di desa saya,diadakan seperti seminar pak…yang ngadain KRC…jadi semua kalangan bisa tau apa itu internet. ;-)

  7. Internet memang bermanfaat, mungkin perlu pendewasaan anak lebih cepat. Gimana caranya biar anak tahu dan menjauhi yang dilarang dilakukan saat berinternet. Harus ditangani bersama dampak sosial, moral, dan fisik dari kejahatan-keburukan internet. salam blogger.

  8. centra pulsa says:

    mudah2an pemahaman orangtua kedepannya tentang internet bis di rubah

  9. wah ga boleh internetan tapi dibeliin BB. hehe.
    untuk masalah internet, sebenarnya internet itu ada positif dan ngeatifnya. pastinya akan selalu begitu. menurut saya, cukup baik kalo ibu itu masang internet dengan komputer rumah, karena akan lebih mudah memonitori penggunaan internet anaknya. nah ini malah dibelikan BB, justru menurut saya, si anak kalo mau buka macem2 kan bisa ga ketauan..

  10. banzai says:

    I am trying to build a blog as part of a project, and I have been told not use blogger or any of the blog building websites, Requirement is to get access to my blog privately without using any public site that requires me to log on to them before i g…

    How can I do a live streaming webcast on Blogger?…

Leave a Reply