KEINGINAN VS KEBUTUHAN

Dalam kehidupan sehari-hari sering kita sulit membedakan mana yang mesti kita prioritaskan sebagai kebutuhan mana yang ternyata itu hanya sebuah keinginan semata. Dampak dari ini sangat terlihat ketika kita sulit membedakan kebutuhan dan keinginan. Banyak sekali yang kita penuhi justru sebenarnya hanya keinginan untuk memenuhi nafsu semata, dan bukanlah kebutuhan yang sesungguhnya. Sehingga dampak terbesar adalah semua sumber daya kita baik itu financial, tenaga, pikiran, waktu justru tidak efektif efisien karena hanya sekedar mengejar keinginan tidak akan pernah ada habisnya.

Membedakan dengan benar mana kebutuhan mana keinginan ada hal yang sangat penting kita harus benar benar memahami dengan sangat paham, mana yang mesti kita dulukan sebagai kebutuhan mana yang sekedar keinginan. Karena kebutuhan adalah sebuah ke niscayaan yang harus kita penuhi tetapi keinginan hanyalah sekedar pelengkap atau mungkin hanya sekedar hal yang berlalu begitu saja, karena kita melihat, mendengar, merasakan sesuatu yang kemudian timbul ingin mendapatkannya. Tetapi belum tentu dibutuhkan.

Mari kita cerdas untuk membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. Jangan sampai kita terjebak hanya memenuhi segala sesuatu yang ternyata itu hanyalah keinginan semata, sementara kebutuhan kita jauh tertinggal dan tidak kita penuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*