Berbagi dengan Desa Durian Demang Bengkulu Tengah untuk Web Desa

Akhirnya dapat juga kesempatan berangkat ke Sebuah propinsi di pulau sumatra yang bernama Bengkulu. Kesempatankesana difaslitasi oleh kementrian KLH yang mempunyai program pemberdayaan didesa bekas tambang. Agenda berbagi kali ini adalah terletyak di desa DurianDemang wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah. Dari namanya sudah dapat ditebak,pastilah desa tersebut penghasil durian, dan memang benar di sana penghasil durian, walau harus menggigit jari karena ternyata belum saatnya panen durian,yang kalau panen, durian melimpah dan harganya sangat murah.

Walau agak sedih juga karenaberharap makan durian dan tidak kesampaian, tapi semua terobati karena padasaat saya berbagi di sana, yaitu untuk memberikan training dalam mengoperasikanwebsite desa yang sudah dibuat pada alamat duriandemang.id, semangat operatordesa sungguh luar biasa. Mereka belajar dengan sangat serius bagaimana websitetersebut dapat digunakan sebagai sarana publikasi desa mereka, bahkan agendaini tidak cukup pagi sampai malam, tapi berlanjut hingga malam harinya.

Untuk diketahui bahwa ternyata di sana masih dapat dihitung jari desa yang sudah punya web, disamping memang kesadaran pemahaman desa tentang pentingnya website yang kurang, juga SDM di sana masih butuh banyak ditingkatkan kemampuannya. Mengenai potensi, para pemuda dengan antusias yang besar, ini merupakan potensi yang besar juga, sehingga mempermudah proses pembelajaran di sana

Semoga dengan adanya website resmi desa durian demang ini dapat menginspirasi desa yang lainnya untuk juga segera memiliki website, dan saya akan sangat senang sekali untuk dapat berbagi dengan warga di sana sesuai kemampuan saya, apalagi pas panen raya durian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*